Telah dilaksanakan ujian tutup tesis atas nama Sri Luktafiani (NIM: 80300223003) pada hari Selasa, 29 April 2025 bertempat di Ruang U.5.3 Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. Tesis yang diujikan berjudul “Manajemen Guru Pembimbing Praktik Kerja Lapangan (PKL) dalam Membina Disiplin Kerja Peserta Didik SMKN 2 Bone (Studi Kasus Jurusan TKJ dan TITL)”. Ujian ini dipromotori oleh Dr. Baharuddin, M.M., dengan Ko-Promotor Dr. H. Muh. Qaddafy, M.Si., serta diujikan di hadapan dewan penguji yang terdiri dari Dr. Hj. Andi Halimah, M.Pd. dan Dr. St. Aisyah Chalik, M.Pd.
Tesis ini membahas tentang manajemen guru pembimbing dalam membina disiplin kerja peserta didik selama praktik kerja lapangan (PKL) di SMKN 2 Bone. Permasalahan rendahnya disiplin kerja peserta didik disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap aturan, minimnya pengawasan, serta adanya perbedaan budaya kerja antara sekolah dan industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, hambatan, dan tindak lanjut dalam pembinaan disiplin kerja oleh guru pembimbing selama PKL.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan pada 14 Januari hingga 14 Februari 2025 dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan disiplin kerja dimulai dari tahap perencanaan yang meliputi pemilihan lokasi PKL, pembekalan, dan kesepakatan aturan antara sekolah dan industri. Selama pelaksanaan, guru pembimbing memberikan pengarahan secara rutin serta menerapkan sanksi untuk menanamkan pemahaman pentingnya disiplin kerja kepada peserta didik.
Pengawasan dilakukan secara langsung oleh guru pembimbing dan pihak industri, maupun tidak langsung melalui laporan berkala peserta didik. Hambatan yang ditemukan meliputi faktor internal seperti rendahnya motivasi dan kesadaran peserta didik, serta faktor eksternal seperti pengaruh lingkungan sosial dan kurangnya dukungan keluarga. Sebagai bentuk tindak lanjut, guru melakukan evaluasi dan refleksi pasca PKL, serta mendorong peserta didik menyusun laporan pengalaman, tantangan, dan penerapan disiplin kerja selama PKL.
Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pembinaan disiplin kerja melalui komunikasi intensif, koordinasi sekolah dan industri, evaluasi sistematis, serta pengawasan orang tua. Manajemen yang baik dan keterlibatan semua pihak menjadi faktor penting dalam membentuk kedisiplinan peserta didik selama PKL. Dengan pembinaan yang optimal, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan performa baik dan memperoleh kesempatan kerja yang lebih luas di dunia industri.
Dalam tanggapannya, Sri Luktafiani menyampaikan rasa syukur atas terselesaikannya ujian tutup ini. Ia mengucapkan terima kasih kepada para dosen pembimbing dan penguji yang telah membimbingnya hingga tahap akhir. “Alhamdulillah, ujian tutup ini menjadi langkah akhir yang penuh makna dalam perjalanan akademik saya. Bimbingan dari para dosen sangat membantu saya memahami bagaimana peran manajemen guru dalam membina karakter kerja peserta didik. Harapan saya, hasil penelitian ini bisa menjadi referensi dalam peningkatan mutu PKL di sekolah-sekolah kejuruan,” ujarnya.
Penulis : Nur Hikmah Maudinah